Wajib Tahu! Ini 6 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan

Posted on

Makanan pedas merupakan makanan favorit banyak orang, bahkan bagi sebagian besar orang Indonesia, tidak bisa makan kalau tidak menggunakan sambal. Makanan pedas memang memberikan sensasi kenikmatan tersendiri bagi yang mengonsumsinya karena memberikan efek ketagihan dan juga dipercaya dapat menghilangkan stres dan membuat mood yang buruk kembali membaik.

Padahal sering mengonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit yang sebagian besar akan berakibat fatal bagi sistem pencernaan. Penasaran bahaya apa saja yang akan ditimbulkan jika terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas bagi kesehatan? Simak ulasan berikut.

1. Bisa menyebabkan maag akut

Wajib Tahu! Ini 6 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan bintanglangit.weebly.com

Bagi kamu yang mempunyai masalah dengan pencernaan, khususnya lambung sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas karena akan memperburuk pencernaanmu, dan bisa menyebabkan kamu terkena maag akut.

Penyakit lambung yang biasa disebut dengan gastritis ini, disebabkan oleh peradangan dari mukosa lambung. Maag akut biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti diare, mual, muntah, sakit kepala dan demam.

2. Memperparah tukak lambung

Wajib Tahu! Ini 6 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan alodokter.com

Tukak lambung adalah luka yang muncul pada bagian dinding lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Penyakit ini biasanya muncul pada dinding bagian pertama usus kecil (duodenum) dan kerongkongan. Gejala utama dari penyakit ini adalah nyeri di ulu hati, mual, hilangnya nafsu makan dan perut kembung.

Jika kamu mengalami gejala dari tukak lambung ini, sebaiknya hindari terlalu sering mengonsumsi makanan pedas karena akan memperparah gejalanya. Jika penyakit ini semakin parah, akan menyebabkan pendarahan di dalam perut serta beresiko terkena kanker lambung. Bahaya sekali bukan?

3. Sering sakit kepala

Wajib Tahu! Ini 6 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan intanblog.com
LANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL DI BAWAH

Kamu sering sakit kepala? Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kamu sering mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas juga bisa lho membuat kepala kamu menjadi sering sakit gara-gara dampak dari penyakit maag akut yang lebih dulu menyerangmu.

Jika kamu sering merasakan sakit kepala, dan memiliki riwayat penyakit maag akut, lebih baik hindari untuk mengonsumsi makanan pedas agar tidak memperparah kondisi kesehatan kamu.

4. Susah tidur di malam hari

Wajib Tahu! Ini 6 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan Pexels/Pixabay

Susah tidur di malam hari juga bisa disebabkan oleh makanan pedas yang sering kamu konsumsi. Kenapa bisa? Karena setelah mengonsumsi makanan pedas, suhu tubuh akan menjadi naik, sedangkan tubuh kamu juga harus melambatkan metabolisme sebelum tidur agar nantinya kamu bisa tidur dengan nyenyak. Sebaiknya hindari mengonsumsi makanan pedas di malam hari agar kualitas tidurmu dapat terjaga dan terhindar dari insomnia.

5. Kehilangan nafsu makan

Wajib Tahu! Ini 6 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan Pexels/rawpixel

Terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas dapat menghilangkan nafsu makan, kenapa bisa? Karena indra pengecap menjadi kebas terhadap rasa lain selain pedas, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan lain pun menjadi berkurang.

6. Bisa menyebabkan kemampuan Indra pengecap menjadi menurun

Wajib Tahu! Ini 6 Bahaya Sering Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan hellosehat.com

Kemampuan Indra pengecap kamu akan menurun lho jika kamu sering makan makanan yang pedas, kok bisa? Karena makanan pedas dapat menyebabkan Indra pengecap menjadi kebas, sehingga rasa makanan yang lain pun tidak dapat dirasakan dengan baik. Jika hal ini terus kamu abaikan, bukan hal yang tidak mungkin jika kamu akan kehilangan kemampuan Indra pengecapmu secara permanen.

Sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas karena akan berdampak buruk pada kesehatan. Jika kamu ingin tetap mengonsumsinya, sebaiknya campurkan makanan pedas dengan makanan lain agar efek pedasnya berkurang serta siapkan juga obat pelindung lambung atau mukoprotektor agar kesehatan lambung kamu tetap terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *